Sabtu, 02 April 2016

Cihuy..........Wajah Baru Bandara Husein Sastra Negara



"Melalui pengembangan dan pembangunan terminal, wajah baru bandara akan menyuguhkan kenyamanan berlipat ganda karena areanya lebih luas, lebih nyaman, dan bernuansa art gallery," kata Ituk Herarindri, Director of Airport Service & Facility Angkasa Pura II dalam keterangannya, Sabtu (2/4/2016).

PT. Angkasa Pura II sebagai pengelola berharap dengan kondisi yang lebih nyaman dan luas membuat pengguna baik penumpang domestik maupun wisatawan asing akan lebih merasakan manfaat lebih dari penampilan baru ini.

Terlebih diketahui kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisatawan asing terutama Singapura, Malaysia dan Tiongkok. Dalam 3 tahun terakhir angka wisatawan asing yang datang ke kota Bandung terus mengalami kenaikan.



Wajah baru bandar udara ini mengambil tema "Modern with Traditional Nuances Airport". Desain bangunan terinspirasi arsitektur tradisional atap rumah khas Jawa Barat, yakni Leuit (tempat menyimpan gabah) dan Julang Ngapak (rumah tradisional Sunda), serta senjata tradisional khas Jawa Barat yakni kujang.

Wajah baru didominasi oleh warna biru. Warna tersebut diambil dari warna tanaman tarum yang jika diolah bisa menghasilkan warna biru.

Bandara Husein Sastranegara mengusung konsep Butik Bandara. Interior di dalamnya didesain dengan suasana seperti di galeri, termasuk pameran lukisan dan alunan musik tradisional.

Pada dinding-dindingnya dipajang karya-karya seni dan videotron pariwisata,  juga ada perpustakaan, ruang internet dan lainnya.

Proyek pembangunan dan perluasan mencakup perluasan terminal penumpang dari 5.000 meter persegi menjadi 17.000 meter persegi dengan nilai proyek yang dibiayai Angkasa Pura  II mencapai Rp 180  miliar.

Dengan diperluasnya terminal, kapasitas tampung terminal akan meningkat signifikan menjadi 3,4 juta penumpang per tahun atau lebih tinggi dibandingkan sebelum pengembangan yang hanya 750.000 penumpang.




Pada area komersial setelah pengembangan memiliki luas sekitar 3.000 meter persegi atau jauh lebih luas dibandingkan sebelumnya yang hanya 500 meter persegi.

Sementara itu, untuk landasan masih mengandalkan satu landas pacu berukuran 2.500 meter x 45 meter yang bisa mengakomodasi penerbangan dengan pesawat sekelas Boeing 737-800 NG, Airbus A320, dan Boeing 737-900 ER.
Wajah Baru Bandara Husein Sastranegara Bandung

Maskapai yang beroperasi di Bandara Husein Sastranegara antara lain AirAsia, Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, Express Air, Silk Air, Wings Air, Susi Air, dan Tiger Air.  

Bangunan baru Bandara Husein Sastranegara akan difokuskan pada penerbangan domestik, sedangkan bangunan hasil pengembangan melayani penerbangan internasional.

Perubahan wajah Bandara Husein Sastranegara juga diharapkan menjadi contoh bagi bandara lain untuk  mencapai target menjadi world class airport. (Detik Finance)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar