Senin, 23 Januari 2017

7 Ikan Monster Yang Hidup Di Laut Terdalam

7 ikan monster yang hidup di laut terdalam. Kebanyakan manusia hanya mengenal berbagai jenis ikan hanya sebatas di laut mediteran atau laut atas, dan itupun jumlahnya sudah berjuta jenis, belum lagi kalau ditambah dari jenis ikan di laut dalam. Tahukah kalian kalau di dasar laut terdalam juga terdapat ratusan atau bahkan jutaan jenis ikan. Ikan yang hidup di laut bawah itu bentuknya unik dan aneh, bahkan kebanyakan menyerupai bentuk monster yang sering digambarkan manusia. Berikut 7 ikan monster yang hidup di laut terdalam


Fangtooth Fish
1. Fangtooth Fish
Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki gigi yang tajam dan benar-benar mirip monster. Dikenal juga dengan nama Anoplogaster Cornuta. Fangtooth fish memiliki tubuh pendek dengan kepala lebih besar dari tubuhnya dan ikan ini hanya berukuran berukuran hanya 6 inci. Ikan ini dapat ditemukan di lautan tropikal di kedalaman 16.000 kaki.

Viper Fish
2. Viper Fish
Viper fish memiliki nama latin Mesopelagic. Ikan ini tidak memiliki warna kulit dan terlihat tembus pandang, organnya dapat menyala karena proses yang disebut bioluminescence. Mulutnya yang lebar berguna untuk menelan secara utuh ikan yang dimangsanya, bahkan ikan yang lebih besar dari tubuhnya pun bisa ditelannya. Hal ini dimungkinkan karena perutnya bersifat elastis sehingga dapat mengembang. Selain itu ikan vampir memiliki mata besar yang berguna untuk mengumpulkan cahaya. Ikan ini dapat ditemukan di kedalaman 800-1600 meter di bawah laut.

Dragon Fish
3. Dragon Fish
Memiliki nama latin Grammatostomias Flagellibarla, memiliki ciri semacam belalai menyala untuk menarik mangsa yang berada di sekitarnya. Di sekitar perutnya juga bisa menyala yang digunakan untuk memberi tanda kepada ikan Dragonfish lain selama musim kawin. Ikan ini hidup di kedalaman 5000 kaki.

Gulper Eel Fish
4. Gulper Eel Fish
Mempunyai nama latin Eurypharynx Pelecanoides,sering diartikan juga sebagai belut. Belut gulper ini jauh berbeda dari kebanyakan spesies belut lain, sirip dan dadanya sangat kecil dan hampir seperti tidak ada. Memiliki mulut lebar dan bentuk badan yang elastis, karena keelastisannya ini belut gulper juga memangsa ikan lain yang lebih besar dari tubuhnya sendiri. Ikan ini dapat tumbuh sampai panjang 2-6 kaki dan bisa ditemukan dikedalaman 3000-6000 kaki.

Angler Fish
5. Angler Fish
Dikenal juga dengan nama Milanocetus Johnsoni, penampilannya sekilas terlihat menyeramkan karena tubuhnya bolat mirip bola basket dan memiliki mulut lebar serta gigi yang panjang. Ikan ini juga memiliki semacam organ lampu yang berfungsi menarik mangsa disekitarnya. Angler fish bisa ditemukan dikedalaman 3000 kaki.

Vampir Squid
6. Vampir Squid
Cumi-cumi vampir dari neraka, itulah julukan ikan ini. Walaupun penampakannya terlihat mengerikan, ternyata ikan ini tidak buas karena hanya memakan sisa-sisa makanan dari binatang yang berserakan di dasar laut ataupun sisa-sisa makanan dari laut atas. Ikan ini sangat unik karena mampu mematikan dirinya sendiri (bunuh diri) ketika terancam. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di laut dengan kedalaman 600-1000 meter.

Giant Isopod
7. Giant Isopod

Hewan air yang satu ini masih memiliki kerabat dengan udang atau kepiting. Pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh zoologist Prancis bernama Alphonse Mine Edwards. Isopod raksasa ini biasa bisa ditemukan di laut dengan kedalaman 170 meter hingga 2140 meter dengan suhu sekitar 4 drajat celcius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar