Senin, 16 Januari 2017

7 Manusia Dengan Kondisi Tubuh Langka

7 manusia dengan kondisi tubuh langka. Bersyukurlah kita semua yang memiliki anggota tubuh lengkap dan hidup dengan kecukupan. Malu rasanya jika kita yang sempurna sering mengeluh dan menyalahkan diri sendiri. Sebelum kita mengeluh dengan kondisi kita saat ini, alangkah baiknya jika kita belajar dengan orang-orang berikut yang hidup dengan segala keterbatasan. Hebatnya orang-orang ini senantiasa bersyukur dengan kondisinya itu. Siapa saja mereka? Berikut 7 manusia dengan kondisi tubuh yang langka dan tak lazim.

Xia Yuanhai
1. Xia Yuanhai
Pria asal Tiongkok ini memiliki kelainan aneh diwajahnya sehingga terlihat seperti alien. Ia dan keluarganya berharap adanya bantuan untuk melakukan operasi wajah. Pria 56 tahun ini tinggal di desa Laotzu di Chong-Ching, Tiongkok bagian barat. Ia menderita hyperlasia wajah atau pembesaran jaringan yang berlebihan sehingga membuat wajahnya tampak seperti alien. Ketika masih muda proporsi wajah Xia sebenarnya masih normal, namun setelah tumbuh dewasa hyperlasia mulai mengubah wajah Xia.

Mahendra Ahirwar Sebelum dan Sesudah Operasi
2. Mahendra Ahirwar
Bocah India bernama Mahendra Ahirwar ini sungguh malang karena ia mengidap kelainan langka kongenital miopati. Sejak lahir bocah ini memandang dunia dengan terbalik karena lehernya tidak bisa tegak. Dengan kondisi seperti itu ia tak bisa mengurus dirinya sendiri. Semua kebutuhan dan perawatan keseharianya bergantung pada keluarga dan teman-temanya. Berkat cinta dan kebaikan dari orang-orang diseluruh dunia, tak lama setelah kisah harunya dipublikasikan, Mahendra menerima bantuan untuk operasi meluruskan lehernya secara gratis. Sekarang bocah 12 tahun ini akhirnya bisa melihat dunia dengan lurus.

Rahma Haruna
3. Rahma Haruna
Rahma Haruna tingal di Nigeria, lahir 19 tahun sebagai bayi normal. Namun secara misterius pertumbuhan Rahma berhenti saat usianya menginjak enam bulan. Kondisi ini terjadi saat Rahma kecil tiba-tiba duduk tanpa belajar merangkak terlebih dahulu. Pada saat usia 6 bulan ia menderita demam tinggi disertai sakit perut. Setiap kali demam dan sakit perut kaki dan tanganya tidak bisa digerakkan. Hari berganti dan mulai terlihat keanehan dalam pertumbuhan Rahma kecil. Kepalanya tumbuh membesar namun tungkainya tidak bergerak sama sekali. Sejak saat itu tungkai Rahma yang kini berusia 19 tahun itu berhenti tumbuh. Akibat kondisi fisiknya ini Rahma hidup di dalam ember yang disediakan sang ibu sebagai sarana transportasinya.

Gaurab Harum
4. Gaurab Harum
Bocah tiga tahun asal Nepal ini memiliki tiga lengan dimana salah satunya tumbuh di bagian punggungnya. Lengan yang tumbuh ini merupakan sisa-sisa dari kembaranya yang tumbuh karena perpecahan tulang-tulang belakangnya. Kondisi ini dikenal dengan sebutan spina bivida. Yang mempengaruhi sekitar 1500 bayi diseluruh dunia, dimana lengan ekstra tumbuh di salah satu bagian tubuhnya. Meski tidak dapat digerakkan, lengan ini semakin membesar seiring pertumbuhan si penderitanya.

Natasha Sparky
5. Natasha Sparky
Gadis 19 tahun ini menderita penyakit kulit langka yang disebut epidermolysis bullosa. Penyakit ini menyebabkan kulit penderitanya melepuh jika bersentuhan dengan benda lain atau terpapar panas terlalu lama. Natasha Sparky sudah menjalani 40 operasi karena kondisinya ini. Ia dan keluarganya sangat berhati-hati untuk melindungi kulit disekujur tubuhnya supaya tak terluka atau tergores. Sayangnya sebagai manusia biasa yang tak pernah sempurna, ia seringkali mengalami tergores, dan itu membuat kulitnya melepuh dan harus diperban.

Mandy Sellars
6. Mandy Sellars
Sejak lahir ukuran kaki Mandy sellars mencapai 5x lipat ukuran bayi pada umumnya. Karena tidak tahu apa penyebab kondisi ini Mandy akhirnya menjalani kehidupanya dengan kaki raksasa seberat 170 kg. Hingga pada 2010 kaki kiri Mandy terpaksa diamputasi karena terjadi infeksi. Namun dua bulan setelah operasi, kakinya mengalami pembesaran kembali hingga mencapai 19 kg. Diketahui Mandy mengidap syndrom langka proteus, yakni sindrom yang menyebabkan timbulnya kaki gajah. Dokter percaya bahwa kondisi ini disebabkan mutasi genetik PIK3CA yang menyebabkan kakinya tumbuh diluar kendali. Ia pun ditawarkan sebuah uji coba obat untuk megecilkan kakinya. Setelah 5 bulan kaki Mandy mulai menyusut, setelah tiga tahun pengobatan kaki Mandy menyusut sebanyak 37 kg. Meski demikian dokter belum bisa memastikan apakah kaki Mandy akan menyusut sampai bisa kembali menjadi normal seperti pada umumnya.

Juliana Wetmore
7. Juliana Wetmore

Gadis kecil lahir pada tahun 2003 dengan kelainan sindrom teacher collins. Gadis ini tidak memiliki wajah secara harfiah, dikarenakan ia kehilangan 30% hingga 40% dari tulang rahang dan tulang wajahnya. Sampai saat ini Juliana sudah menjalani operasi bedah plastik wajah sebanyak 45 kali untuk membantu menyempurnakan wajahnya. Meski mempunyai kekurangan seperti ini, Juliana memiliki kecerdasan yang luar biasa melebihi anak-anak diusianya. Sungguh tuhan maha adil dan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar