Jumat, 20 Januari 2017

7 Tanaman Paling Mahal Di Dunia

7 tanaman paling mahal di dunia. Bagi para pecinta dan penghobi tanaman, berapapun harga yang harus dibayar untuk sebuah tanaman pasti akan dikeluarkan. Hal itu terbukti dengan larisnya beberapa tanaman dengan harga mahal dan fantastis di seluruh dunia. Banyak tanaman-tanaman mahal yang ternyata harganya bisa melebihi harga motor atau mobil. Berikut 7 tanaman paling mahal di dunia yang mungkin bisa bikin anda tercengang mendengar harganya.


Sanseviera
1. Sanseviera 
Lekukan yang dimiliki tanaman sanservania ternyata banyak menarik perhatian baik itu pecinta tanaman hias ataupun pedagang tanaman hias. Jenis sanseviera yang paling mahal adalah jenis kirkii silver blue yang menembus harga 10 juta per daun. Tanaman ini dipercaya bisa mengobati diabetes, wasir hingga kanker ganas. Di Thailand ekstrak tanaman sanserviera sudah dikembangkan menjadi obat kanker dengan harga 700.000 per kapsul.

Anthurium
2. Anthurium
Anthurium adalah tanaman populer dengan masa trend yang paling bertahan lama. Harga tanaman inipun tak murah. Jenis anthurium yang paling pahal yang pernah terjual adalah jenis jenmani yang harganya mencapai ratusa juta rupiah. Sedangkan jenis anthurium lain harganya bisa mencapai 70 juta rupiah. Tanaman ini memiliki kelebihan pada daunnya yang unik, indah dan bervariasi. Dengan tulang daun yang besar dan menonjol tanaman ini nampak kekar.

Pohon Gaharu
3. Gaharu
Gaharu digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan parfum, kosmetik dan obat-obatan. Gaharu dikenal sebagai tumbuhan aromatik paling mahal di dunia. Di tingkat global harga gaharu bisa mencapai 300 juta per kg. Semakin hitam kayu gaharu harganya semakin mahal. Di Mesir mumi selain diberi rempah-rempah juga diberi cendana dan gaharu. Selain itu serbuknya bisa diunakan sebagai dupa karena dianggap mampu menyucikan peralatan ibadah.

Bonsai
4. Bonsai
Meski ukurannya kecil bonsai dikenal sebagai salah satu tanaman paling mahal di dunia. Harga termahal bonsai bisa mencapai satu miliar rupiah. Sepintas memang tak terlihat menunjukan tanaman dengan harga selangit, namun bagi pecinta bonsai pohon kerdil ini memiliki nilai tersendiri. Bonsai yang baik secara visual harus seimbang antara daun, tangkai, dahan dan juga akar. Pemeliharaan tanaman yang sulit juga menjadi salah satu faktor kenapa tanaman ini menjadi sangat mahal.

Pohon Pule
5. Pohon Pule
Pohon pule masuk jenis pohon besar. Pohon pule berdiameter 5 meter dan tinggi 9 meter bisa mencapai 100 juta rupiah. Mahalnya pohon ini karena tingkat kesulitas yang harus dihadapi penjual, mereka harus mencabut pohon besar tersebut dengan harus menyisakan akar beserta tanah pada bagian pangkal batang.

Pohon Jati
6. Pohon Jati
Bukan rahasia lagi bila pohon jati menjadi salah satu pohon paling mahal di dunia. Selain karena tumbuhnya sangat lama jati juga mempunyai kualitas kayu yang paling baik diantara lainnya. Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai jati termahal. Yang berukuran kecil saja bernilai sekitar 10 juta rupiah per batang pohon atau biasanya 4 juta rupiah per meter kubik, ini harga untuk kualitas sedang, harga kualitas terbaiknya bisa mencapai 15 juta per meter kubik. Bahkan pada tahun 2014 pohon jati di Blora terjual dengan harga 1 miliar rupiah dan menjadi pohon termahal di dunia.

Aglaonema
7. Aglaonema

Tanaman aglonema ini hanya dikenal dari daunnya yang bertotol putih dan hijau, sekarang agalonema berjenis hybrid sudah memeiliki warna yang lebih bervariasi, seperti warna merah, pink atau kuning. Tak heran semakin lama harga aglaonema semakin mahal. Harga termurah aglaonema sekitar 1 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar