Sabtu, 21 Januari 2017

7 Pohon Legenda Yang Jadi Saksi Sejarah Dunia

7 pohon legenda yang jadi saksi sejarah dunia. Pohon tua yang menjadi saksi sejarah tokoh-tokoh dunia dari peristiwa masa kelam suatu negara hingga kebesaran nabi Muhammad SAW. Yang menakjubkan, beberapa pohon ini masih hidup hingga sekarang. Berikut 7 pohon paling tua di dunia yang menjadi saksi sejarah dunia.



Pohon Sahabi
1. Pohon Sahabi (Yordania)
Pohon sahabi yang berarti pohon terberkati, pohon ini dipercaya menjadi saksi hidup kebesaran Rosulullah SAW sebelum diangkat menjadi Rosul. Dibawah pohon ini Rosulullah bertemu dengan pendeta Buhaira. Pohan yang terletak di utara padang pasir Yordania ini telah melewati 1400 sejarah manusia dan masih tumbuh subur hingga sekarang. Penemuan kembali pohon sahabi terjadi secara tidak sengaja, yaitu saat pangeran Gazi Bin Muhammad tak sengaja menemukan manuskrip tentang pohon ini saat memeriksa beberapa arsip negara. Pemerintah setempat lantas diperintahkan untuk menjaga, merawat dan melestarikan pohon sahabi.


Pohon Jaya Sri Maha Bodi
2. Pohon Jaya Sri Maha Bodi (Sri Lanka)
Jaya sri maha bodi adalah sebuah pohon ara yang terletak di Anuradhapura Sri Lanka. Pohon ini dipercaya sebagai cabang pohon sri maha bodi yang ada di Bodgaya. Menrut cerita, Sidharta Gautama mendapat pencerahan ketika duduk dibawah pohon ini. Wajar bila pohon ini menjadi salah satu situs penting di Sri Lanka. Karena sangat penting pemerintah Sri Lanka dengan tegas melarang adanya pembangunan dengan radius 500 meter dari pohon ini. Setiap tahun pohon jaya sri maha bodi dijadikan tempat ziarah bagi ummat Budha di seluruh dunia.

Pohon Caesarboom
3. Pohon Caesarboom (Belgia)
Pohon tua ini diyakini sebagai saksi sejarah kejayaan Julius Caesar. Konon pohon ini digunakan Caesar sebagai tempat berteduh dan mengikat kudanya pada masa perjuangan melawan Belgia. Dalam sebuah literatur tertulis, pohon caesarboom sekarang tumbuh di dekat bangunan dengan ciri-ciri yang sama persis dengan rumah disamping caesarboom pada abad 15. Saat ini Pohon yang diperkirakan berumur 2000 tahun ini dijadikan monumen nasional Belgia.

Pohon Chankiri
4. Pohon Chankiri (Kamboja)
Pohon ini mempunyai nama lain yang cukup mengerikan, yaitu pohon pembunuhan. Konon pohon ini menjadi saksi sejarah kelam negara Kamboja karena menjadi lokasi pembantaian yang dilakukan khmer merah. Pada masa itu khmer merah melakukan pembantaian besar-bearan terhadap warga sipil yang dianggap berhianat terhadap rezimnya. Warga yang tidak bersalah akan disiksa hingga terpaksa mengaku kemudian dibunuh dengan hantaman Palu. Yang lebih mengerikan anak-anak korban pembantaian juga dibunuh secara mengenaskan, dimana kepala mereka dihantam di pohon chankiri hingga tewas. Saat ini pohon chankiri diabadikan sebagai monumen bersejarah sebagai tanda penghormatan kepada korban tewas.

Pohon Chene Chapelle
5. Pohon Chene Chapelle (Prancis)
Chene Chapelle adalah pohon legendaris yang berada di Prancis. Selama masa revolusi Prancis pohon ini menjadi lambang sistem pemerintahan tiran yang dikendalikan oleh kerajaan dan gereja. Sayangnya Pohon yang diperkirakan berusia 800 hingga 1200 tahun ini sudah mati karena tersambar petir.

Pohon Anne Frank
6. Pohon Anne Frank (Jerman)
Dari sekian banyak korban holocaust pasukan Nazi. Kisah tentang Anne Frank lah yang paling mendunia. Gadis ini meninggal dalam pembantaian holocaust oleh pasukan nazi Jerman. Dalam perjalanan sejarahnya terselip kisah mengharukan selama masa persembunyian Anne sebelum tertangkap pasukan Hitler. Kisah Anne dan pohon ini ditulis oleh Anne sendiri dalam bukunya yang berjudul The Diary Of Young Girl. Diceritakan Anne suka memandang pohon ini sambil menikamati segarnya udara di pagi hari. Namun tragis Anne ditangkap dan dibantai oleh pasukan nazzi. Kini pohon ini disebut sebagai pohon pengharapan.

Pohon Kallayan
7. Pohon Kallayan (Fillipina)
Terletak di Filipina. Adalah Jendral Emillio Aguinaldo yang menanam pohon kallayan ini pada mas konvensi malolos. Pohon ini sekaligus menjadisaksi penting pada masa revolusi Fillipina. Tepat dibawah pohon kallayan berlangsung sebuah pertemuan rahasia para petinggi Katipunan, yaitu kelompok revolusioner yang tengah berjuang memerdekakan fillipina dari Spanyol. Saat ini pohon kallayan dihiasi sebuah patung yang menyimbulkan perundingan kattipunan di jaman dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar